oleh

Upaya Kudeta Sudan Gagal, Perwira Militer Ditangkap

DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Trendingpublik.Com, Khartoum — Pihak keamanan Sudan berhasil menggagalkan percobaan kudeta pada Selasa 21 September 201 oleh sekelompok tentara. dan militer tetap memegang kendali.

Pemerintah Sudan mengatakan bahwa perwira militer dan warga sipil yang terkait dengan rezim terguling dari presiden lama Omar al-Bashir telah berusaha melakukan kudeta tetapi dengan cepat digagalkan.

“Interogasi dilakukan terhadap para tersangka yang terlibat dalam percobaan kudeta sedang berlangsung setelah beberapa penangkapan dilakukan” kata juru bicara Mohamed al-Faki Suleiman, dikutip dari Alzazeera Selasa (21/9/2021).

Seorang sumber di pemerintahan mengatakan percobaan kudeta itu mencakup upaya pengambilalihan stasiun radio pemerintah di Omdurman, yang ada di seberang sungai Nil dari Ibu Kota Khartoum.

Tindakan telah diambil terhadap sejumlah orang yang terlibat, kata sumber tersebut. Seorang saksi mengatakan militer menggunakan sejumlah tank untuk menutup jembatan yang menghubungkan Khartoum dengan Omdurman pada Selasa dini hari.

Sudan kini diperintah bersama oleh militer dan sipil. Mereka berbagi kekuasaan sejak mantan presiden Omar al-Bashir digulingkan pada April 2019. Otoritas transisi mengatakan mereka telah menggagalkan atau mendeteksi percobaan kudeta sebelumnya yang diduga dilakukan oleh faksi-faksi yang loyal kepada Bashir. (rdks-tp)

News Feed