banner 728x250

Sara Duterte Putri Rodrigo Duterte Dilantik Jadi Wakil Presiden Filipina

Sara Duterte Putri Rodrigo Duterte Dilantik Jadi Wakil Presiden Filipina
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Trendingpublik.Com, Davao — Sara Duterte putri tertua Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah dilantik dan disumpah menjadi wakil presiden berikutnya, Minggu (19/6/2022).

Sarah Duterte telah mematahkan tradisi upacara pelantikan setelah ia memilih untuk diambil sumpah dua pekan sebelum presiden terpilih, Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr, dilantik.

Dalam sumpahnya, Sara berjanji akan menyatukan rakyat dan pemerintah Filipina. Ia disumpah di samping Bongbong, yang bakal segera menggantikan ayahnya sebagai presiden.

“Saya memilih untuk dilantik lebih awal sehingga warga Kota Davao dapat menyaksikan upacara tersebut. Selain itu saya juga ingin menghadiri upacara pelantikan Ferdinand Marcos Jr di Ibu Kota Manila pada akhir bulan ini,” ungkap Sarah.

Untuk enam tahun ke depan, Sarah akan memimpin Filipina di bawah pemerintahan Bongbong. Pemerintahan yang akan mereka pimpin secara resmi akan dimulai pada 30 Juni mendatang.

“Hari-hari ke depan mungkin penuh dengan tantangan yang menuntut kita untuk lebih bersatu sebagai bangsa,” kata Sara, dikutip dari BBC, Senin (20/6/2022).

Di Filipina, Presiden dan wapres dipilih secara terpisah, pun untuk pelantikanya. Bongbong sendiri akan dilantik pada 30 Juni nanti.

Pada pemilu lalu Mei lalu, Sara Duterte berhasil mengumpulkan 32,2 juta suara dukungan atau 61,5 persen dari total suara. Perolehan suara itu lebih besar dibandingkan yang diperoleh Ferdinand Marcos Jr yang juga menang telak dalam pilpres. (rdks-TP)