banner 728x250

Terima Penghargaan, Bolmut Resmi Bebas Malaria

Bolmut Terima Penghargaan Eliminasi Malaria
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendapat penghargaan Nasional dengan menerima sertifikat Eliminasi Malaria. Pengahargaan itu diterima pada saat menghadiri Hari Malaria se Dunia, yang dilaksanakan di Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten. Senin, (30/4/2018).

Menurut Plt. Bupati Bolaang Mongondow Utara Suriansyah Korompot, berdasarkan data dari tahun 2015 sampai 2017, Bolmut dinyatakan resmi bebas dari malaria dan memenuhi tiga indikator utama, yaitu tidak terdapat kasus Endegeneus Malaria, Slide Positif (SPR) kurang dari 5 persen yakni, 0,6, 0,5, 0,6, Annual Parasite Insident (API) kurang dari 1 persen yakni, 0,1, 0,05, 0,06.

“Dengan memenuhi tiga indikator tersebut selama tiga tahun terakhir, sehingga Bolmut mendapatkan penghargaan tersebut. Penghargaan sertifikat Eliminasi Malaria diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah Bolmut, karena telah berhasil mengeliminasi terjadinya kasus malaria,” terang Suriansyah.

Dikatakannya, meski dinilai telah berhasil mengeliminasi malaria dan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat, tapi harus tetap waspada terhadap serangan malaria. “Apalagi saat ini, Bolmut selalu diguyur hujan dan itu sangat rentan dengan serangan malaria,” jelasnya.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Sri Anita Potabuga, SE mengatakan, pihaknya mengapresiasi Pemda Bolmut dalam penanganan dan mengantisipasi masuknya wabah malaria.

“Kami mengapresiasi langkah tanggap Pemerintah Daerah dalam penanganan malaria. Prestasi ini harus dipertahankan, dengan senantiasa meningkatkan penanganan malaria di daerah,” kata Anita.

(Har)