banner 728x250

Para Guru Gelisah, Dana BOS Dan Sertifikasi Tak Kunjung Cair

Foto: Ilustrasi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Boroko – Hingga saat ini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan I dan II serta sertifikasi triwulan I untuk guru-guru di Kabupaten Bolmong Utara belum juga kunjung cair. Lambatnya penyaluran dana dari pihak Dinas Pendidikan (Diknas) Provinsi Sulut, membuat para guru gelisah.

Menurut salah satu guru penerima sertifikasi, setelah kewenangan sudah di tangan provinsi, selalu terjadi keterlambatan pembayaran. “Memang Dua hari lalu gaji sudah di cairkan. Namun nanti dibayarkan di atas tanggal 10. Untuk sertifikasi triwulan I hingga kini belum juga disalurkan, begitu juga dengan dana BOS,” aku salah satu guru yang enggan namanya disebut.

Lanjutnya, kebutuhan dana BOS sudah cukup urgen, karena para siswa tak lama lagi akan mengikuti ujian semester. “Ini semua yang perlu diperhatikan pihak Diknas Provinsi,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Bolmut, Arman Lumoto mengatakan, pihaknya mendesak Dinas Provinsi agar segera menindak lanjuti keterlambatan penyaluran dana BOS dan sertifikasi bagi guru-guru SMA dan SMK yang ada di Bolmut.

“Jika persoalan ini dibiarkan berlarut-larut, maka tak segan-segan kami akan menemui Gubernur. Keterlambatan penyaluran dana ini sangat mempengaruhi kinerja para guru,” jelas politisi PAN ini.

(Har)