banner 728x250

Jelang Pemilu 2019, Bawaslu Sulut Gelar Media Gathering

Bawaslu bentuk Media Gathering
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) telah mengadakan Media Gathering dengan sejumlah Wartawan baik Media Online dan cetak tentang pengawasan tahapan kampanye pemilu 2019 di Sulut bertempat di philocoffe Desa Kuala Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membangun komunikasi antara pihak Bawaslu dengan Wartawan didaerah Sulut,” kata Mustarin Humagi Ketua Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Sulut. Kamis, (25/10/2018).

Menurut dia bahwa dalam media gathering ini pihaknya ingin berdiskusi dengan wartawan terkait dengan pelaksanaan pemilu maupun permasalahan dalam proses dan tahapan kepemiluan di wilayah Provinsi Sulut.

Wartawan itu merupakan bagian dari informasi dari setiap tahapan pemilu, kampanye, hingga pemungutan suara.

“Kami mengharapkan kepada wartawan yang ada di Wilayah Sulut khususnya Bolmut agar meliput kegiatan pemilu sesuai dengan kapasitasnya dan juga transparan,” kata Mustarin Humagi.

Ia pun menambahkan, Negara demokrasi ada yang namanya Pemilu, dan bagaimana pemilu itu bisa transparan, makanya harus ada sinergitas antara Pemerintah, LSM, Jurnalis dan Masyarakat.

Semua itu bagian dari komponen Pemilu, dan juga harus mengawal pemilu dan ketika ada menemukan kesalahan, wartawan bisa melaporkan ke Bawaslu sehingga Bawaslu menyikapinya. “terkait apakah wartawan itu sebagai pelapor atau tidaknya, maka hal itu akan menjadi temuan Bawaslu Sulut,” ujarnya.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sri Anita Potabuga, SE mengapresiasi pelaksanaan Media Gathering yang dilaksanakan oleh Bawaslu Sulut karena ini sebagai wadah untuk silaturahim dengan sejumlah wartawan.

“Personil Komisi I DPRD Bolmut tersebut, berharap fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan menjelang pemilu tahun 2019 mengedepankan profesionalitas, tanggung jawab dan integritas antara pihak Bawaslu dan Wartawan,” kunci Anita Potabuga. (HW)