banner 728x250

Eba Nani Harap Dana Desa Berdayakan Masyarakat

Abdul Eba Nani
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Sejumlah Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mulai menikmati Dana Desa (DD) tahap II yang sudah dikucurkan sejak bulan Maret 2018 ini.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bolmut, Fadli Usup,SE.,M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Ivan Gahtan, SH kepada kepada sejumlah wartawan, bahwa proses pencairan Dandes tahap I telah selesai dan saat ini pihaknya mulai mencairkan Dandes tahap II. Rabu, (06/06/2018).

“Untuk Dandes tahap I sudah hampir 100 persen Desa yang melakukan penarikan, karena memang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) untuk Bolmut pun sudah 100 persen. Dan selanjutnya sudah masuk pada proses pencairan Dandes tahap II,” terangnya.

Lebih lanjut, dia pun mengatakan jika, jumlah desa yang melakukan pencairan Dandes tahap II sudah berkisar 50 persen dari total desa yang ada.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 225 tahun 2018, maka pencairan dibagi dalam tiga tahap, tahap I 20 persen yang dicairkan awal tahun, tahap II 40 persen dicairkan bulan maret dan tahap III 40 prrsen yang dicairkan bulan Juli 2018,” ungkapnya.

Dia pun berharap, Pemerintah Desa bisa menggunakan dana desa ini sebaik mungkin dengan tetap meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang ada di desanya masing-masing.

“Terpisah, menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Abdul Eba Nani mengatakan bahwa berharap Dana Desa yang sumbernya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), agar dapat dimamfaatkan dengan sebaik – baiknya oleh Pemerintah Desa untuk proses pembangunan dan pemberdayaan disegala sektor,” harap Eba Nani Politisi PAN Bolmut tersebut.

Menurutnya, Dana Desa ini jangan sampai disalah gunakan untuk kepentingan pribadi, akan tetapi benar – benar digunakan untuk kemajuan didesa. “Pasalnya Dana Desa ini tujuan penggunaannya untuk proses pengembangan dan keamjuan serta peningkatan pemberdayaan kesejahteraan masyarakat,” kata Eba Nani.

(HW)