banner 728x250

DPRD Imbau Masyarakat Awas Calo CPNS

Ilustrasi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Bolaang Mongondow Utara ingatkan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) agar tidak tergiur rayuan calo yang menjanjikan kelulusan.

Para calon peserta diimbau mempersiapkan diri secara maksimal, baik dari segi persyaratan, kesiapan materi, mental dan kesehatan fisik. Ini tentu saja agar peserta siap mengikuti tes CPNS secara maksimal.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Bolmut, Abdul Eba Nani saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan. Selasa, (2/10/2018).

“Masyarakat kita imbau tidak tergiur rayuan oknum yang memanfaatkan momen ini, terutama calo yang memberikan harapan bisa meluluskan peserta menjadi PNS. Ingat, penerimaan CPNS ini murni menggunakan sistem online atau Computer Assisted Tes (CAT). Jadi siapapun itu yang memastikan bisa meluluskan peserta, kita pastikan bohong. Hanya kemampuan sendiri yang bisa menolong, dan apabila ada ditemukan hal seperti itu (calo) maka diminta agar segera dilaporkan,” tegas Eba Nani

Disisi lain, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan (BKPP) Bolmut, melalui Kepala Bidang Mutasi Dan Perencanaan Supriadi Goma, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk seleksi CPNS tahun 2018 ini berintegritas tanpa biaya dan tanpa calo karena seleksi cpns ini dilaksanakan dengan prinsip transparan.

“Sistemnya adalah CAT. Hasilnya diketahui pada waktu itu juga. Tidak ada yang bisa membantu, murni hasil dari yang bersangkutan. Kalau ada yang mengaku bisa meloloskan, itu adalah penipuan,” ungkap Goma.

Tambah Supriadi Goma, apabila ada yang mengatasnamakan pejabat Bolmut dan mengaku bisa meluluskan pelamar, maka akan dilaporkan.

“Jika ada ditemukan oknum yang mengaku dan mengatasnamakan sebagai pejabat Bolmut yang dapat meluluskan pelamar menjadi CPNS agar segera dilapor pada pihak yang berwajib dan diproses sesuai aturan, sistem penerimaan kali ini sangat transparan, jujur, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut telah membuka pendaftaran online secara resmi untuk kuota penerimaan CPNS tahun ini, yakni sebanyak 320 orang. “Jumlah alokasi kuota yang disetujui oleh Kemenpan Reformasi Birokrasi terdiri dari tenaga guru sebanyak 160 , tenaga kesehatan 127, tenaga teknis sebanyak 30 orang, dan ditambah kuota fotmasi khusus eks Tenaga Honorer K2 3 Orang,” kunci Supriadi Goma. (HW)