banner 728x250

DPRD Apresiasi Pelatihan BTCLS Oleh Dinas Kesehatan Bolmut

Yanti Harundja
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS), agenda tersebut dilaksanakan sebagai penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang maksimal.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Farmalkes Dinkes Kabupaten Bolmut Sofyan Mokoginta mengatakan, pelatihan ini dalam rangka mempersiapkan perawat yg terampil dalam penanganan kegawat darurat.

Dikatakannya, dalam BTCLS sekitar 30 peserta diberikan bekal teori dan perwakilan dari 11 Puskesmas se Kabupaten Bolmut, yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 2 sampai dengan 3 Agustus 2018, di Resto La Viesta Desa Kuala Utara Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmut.

“Ada 30 perwakilan perawat Puskesmas se-Kabupaten Bolmut yang diberikan kemampuan dasar pelayanan kesehatan,” Ujar Sofyan saat di konfirmasi oleh sejumlah wartawan, Kamis (02/08/2018).

Dirinyapun menegaskan kegiatan ini adalah bagian dari program Pemda Bolmut dalam rangka mempersiapkan perawat yang siap dalam mendukung program pelayanan kesehatan Kabupaten Bolmut diantaranya untuk mempersiapkan pelayanan Gawat Darurat 24 jam.

“Agar para tenaga perawat yang di latih mampu menangani kasus kegawat daruratan”, tuturnya.

Ditambahkannya, pelatihan yang diberikan tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada pasien gawat darurat.

“Jadi intinya adanya Pelatihan BTCLS dan penguatan SDM sangat penting bagi tenaga medis khususnya yang berada di Puskesmas,” pungkasnya.

Disamping itu, para peserta akan mendapatkan sertifikat BTCLS yang merupakan salah satu persyaratan bagi tenaga perawat di fasilitas kesehatan.

“Olehnya, perawat harus memiliki kompetensi utama yakni lulus BTCLS, seperti yang di harapkan oleh Penda pada Dinkes Bolmut dalam penanganan kesehatan khususnya kasus gawat darurat”, Cetusnya.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Yanti Harundja mengatakan, sangat mengapresiasi pelatihan bagi perawat dalam menangani para pasien. “Pihak DPRD mendukung kegiatan tersebut karena bisa lebih meningkatkan profesionalitas perawat untuk menangani pasien dalam keadaan gawat darurat,” singkat Yanti Harundja Politisi PKB Bolmut tersebut. (HW)