oleh

DPRD Apresiasi DPUPR Sosialisasi Penggunaan IPAL

-DPRD, News-80 views

trendingpublik.com BOROKO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara gelar sosialisasi penggunaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) bertempat di Aula Kantor Camat Bolangitang Barat, kegiatan tersebut dibuka langsung Wakil Bupati Bolmut Drs. H. Amin Lasena, MAP.

Kepala Dinas PUPR Bolmut, Dr. Hidayat Panigoro, saat dkonfirmasi, Rabu, (31/10/2018) mengatakan, bahwa limbah cair mengandung berbagai macam kandungan dan berdampak pada kesehatan, sehingga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini untuk memberikan sebuah pemahaman terhadap masyarakat khususnya di kecamatan Bolangitang Barat ini akan dampaknya terhadap kesehatan.

Mengatasinya harus dilakukan pengolahan limbah cair terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air. Untuk mengatasi masalah air limbah domestik, salah satu caranya adalah dengan merubah sistem pembuangan air limbah, yaitu dengan cara seluruh air Air limbah atau air buangan tidak bisa dibuang begitu saja,” ujarnya.

Dijelaskan Panigoro, seperti halnya limbah padat atau sampah yang juga tidak bisa dibuang sembarangan. Meskipun kelihatannya air limbah bisa langsung meresap ke dalam tanah atau mengalir di sungai, air limbah rumah tangga sebenarnya juga merupakan limbah yang merusak lingkungan hidup.

Air limbah yang seharusnya diolah dulu sebelum dibuang ke sungai atau air tanah meliputi: limbah wc, limbah cuci, dan limbah khusus misalnya industri rumah tangga seperti tahu, tempe, sablon atau ternak seperti sapi, kambing dan lain – lain,” jelas Birokrasi muda tersebut.

Dia pun mengungkapkan, bahwa program sosialisasi ini juga dalam rangka untuk menuntaskan kasus stunting yang mengancam masyarakat Bolmut dikarenakan kurangnya air bersih.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Reba Pontoh mengatakan, pihak DPRD mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi tentang IPAL oleh instansi terkait dalam hal ini DPUPR Bolmut.

“Sosialisasi ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam pengelolaan air limbah, karena jika tidak dikelola dengan baik maka akan berdampak pada kondisi kesehatan,”k ata Reba Pontoh.

Personil Komisi III DPRD Bolmut tersebut, berharap kiranya sosialisasi ini terus berkelanjutan demi meningkatkan wawasan masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air limbah,”harap Reba Pontoh Politisi Gerindra Bolmut ini. (HW)

News Feed