banner 728x250

DLHK Sosialisasi Pengelolaan LB3 Dan B3

Sosialisasi Oleh DLHK
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar sosialisasi pengelolaan B3  dan limbah B3 untuk pelaku usaha dan kegiatan penghasil B3 (Bahan, Berbahaya, Beracun) Dan LB3 Medis dengan mengangkat tema relokasi limbah selamatkan lingkungan bertempat di gedung TIC (Tourisment Information Central) di Pantai Batu Pinagut Kecamatan Kaidipang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (DLHK) Bolmut, Irma Ginoga saat diwawancarai oleh sejumlah wartawan, Selasa, (04/09/2018) mengatakan bahwa pihaknya melakukan sosialisasi atas kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk memberikan pemahaman kepada seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) dan pihak – pihak terkait guna memberikan informasi tentang penggunaan Limbah B3,”kata Irma Ginoga.

“Ia pun menambahkan, bahwa limbah pabrik seperti aki bekas tidak boleh hanya dibiarkan dan langsung ditanam begitu saja, karena harus ditampung dan diolah sendiri untuk pemusnahan sebab, limbah B3 sangat berpengaruh terhadap kondisi tanah dan akan mencemari tanah yang ada dilingkungan tempat tinggal masyarakat,”tambahnya.

Lebih lanjut, Apabila Limbah B3 tidak di oleh maka, akan berdampak pada timbulnya berbagai macam penyakit akibat limbah B3 tersebut. ” Berkaitan dengan perusahaan kayu yang melakukan aktifitas penebangan pohon dihutan yang dampaknya merusak lingkungan selama ini kami terus melakukan pemantauan terhadap seluruh perusahaan dan pastinya setiap enam bulan perusahaan wajib memasukkan laporan ke DLHK Bolmut yang kemudian diteruskan ke DLHD Provinsi Sulut, Jika ditemukan ada pihak yang dengan sengaja merusak lingkungan tanpa sepengetahuan kami akan ditindak tegas sesuai dengan mekanisme dan peraturan perundang – undangan yang berlaku”jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Abdul Eba Nani mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut karena berkaitan tentang pengelolaan limbah.

“Berkaitan dengan pengelolaan limbah dirinya berharap kepada instansi terkait bisa ditemukan inovasi yang baru yang bisa mendaur ulang limbah indistri untuk dijadikan bahan yang bermanfaat ,” kata Abdul Eba Nani Wakil Ketua DPRD Bolmut tersebut. (HW)