banner 728x250
Daerah  

BUMDes Di Bolmut Jadi Contoh Daerah Lain

Ilustrasi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com  – Selang Tahun 2017 hingga 2018, pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) jadi percontohan di 15 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara (Sulut). Mengapa tidak, terdapat beberapa BUMDes di Bolmut telah memiliki pendapatan yang sangat signifikan hingga milyaran rupiah dan dinilai berhasil.

Menurut kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Bolmut Fadli Tadjudin Usup melalui Kabid BUMDes Hais Hassan, bahwa BUMDes di Bolmut menjadi percontohan di Sulut bahkan sudah ada beberapa kabupaten yang datang studi banding di Bolmut.

“Boltim, Bolsel sudah datang belajar disini dan nantinya Bolmong juga akan menyusul. Alhamdulillah pengelolaan  BUMDes disini bisa dikatakan berhasil terbukti, ada beberapa BUMDes disini sudah memiliki inkam hingga milyaran rupiah,” jelas Hais kemarin.
Dia menyebutkan BUMDes mokapok Desa Olot dua dan BUMDES Desa Telaga Kecamatan Bintauna sudah memiliki penghasilan di atas 1 M. “Bukan hanya BUMDes Mokapok dan Desa Telaga yang sudah memiliki inkam hingga 1 M. Tapi, BUMDes Desa Dalapuli barat, Desa Sangkub 1 dan Desa Paku Selatan juga nantinya akan menyusul,” kuncinya

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Abdul Eba Nani mengapresiasi prestasi yang diukir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) dalam pengembangan BUMDes, sehingga Bolmut bisa menjadi daerah tujuan untuk percontohan kemajuan pengelolaan BUMDes dan hal ini wajib dikembangkan demi kemajuan dan sumber kontribusi bagi Pendapatan Asli Desa (PADes),” tutup Eba Nani Politisi PAN itu.

(Har)