banner 728x250
Daerah  

2018, Dinas Kelautan Siapkan Rp 6,7 M Untuk Nelayan

Viktor Nanlessy

trendingpublik.com – Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) tengah berupaya memperjuangkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala DKP Bolmut Viktor Nanlessy mengatakan, usulan tersebut dituangkan dalam belanja anggaran 2018 sebesar Rp 4,5 miliar yang ditunjang dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementrian Perikanan dan Kelautan sebesar Rp 1,2 miliar.

“Tahun depan sekitar Rp 6,7 miliar kita fokus untuk bantuan kelompok nelayan yang ada di Bolmut,” ujar Viktor.

Dia menjelaskan, DAK dari kementrian itu akan disalurkan dalam bentuk barang, seperti alat tangkap ikan, kapal 2 Gross Ton (GT), tambak dan kolam. Sementara untuk usulan di APBD 2018, ada juga bantuan kepada nelayan di enam kecamatan.

“Jadi selain alat tangkap ikan dan kapal, di usulan APBD Induk 2018 juga bantuan yang sama termasuk diantaranya bibit ikan serta pembuatan kolam,” jelas Viktor sembari menambahkan, jika anggaran yang telah diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) itu bisa saja bertambah atau berkurang, tergantung pada pembahasan nanti.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Bolmut Rahman Dontili menanggapi, jika usul dari DKP nantinya akan diteliti pada pembahasan nanti.

“Kita lihat saja nanti hasil pembahasanya. Selama usulan itu berpihak dan dirasakan langsung oleh masyarakat nelayan maka kami akan menyetujui sekaligus ikut memperjuangkan anggaran tersebut,” pungkasnya.

(Har)