banner 728x250

Tahun 2019, Dikbud Bolmut Akan Meluncurkan Kartu Ideal

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut Abdul Nazarudin Maloho
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com Boroko – Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), rencananya telah memprogramkan pada tahun 2019 untuk meluncurkan Kartu Ideal untuk peserta didik.

Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut Abdul Nazarudin Maloho saat dikonfirmasi oleh awak media ini diruang kerjanya Rabu,(14/11/2018) mengatakan bahwa Pemda Bolmut telah memprogramkan peluncuran Kartu Ideal pada Tahun 2019 yang bertujuan untuk membantu peserta didik siswa yang belum memperoleh Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Sasaran Kartu Ideal untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) berjumlah 2500 Siswa dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) 1.500 Siswa yang sumber dananya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemda Bolmut Tahun 2019, tapi untuk dana tersebut bukan dalam bentuk tunai langsung, namun akan dibantu dalam bentuk barang berupa alat tulis, buku, tas, pakaian seragam, dan sepatu untuk setiap siswa yang kurang mampu,” jelas Maloho.

Lebih lanjut, Maloho menambahkan bahwa pada saat ini kan sudah ada Bantuan Operasional Sekolah (BOS) disetiap sekolah akan tetapi, dana bos saja tidak cukup. “Jadi Pemda Bolmut memprogramkan tahun depan meluncurkan Kartu Ideal bagi peserta didik yang akan diatur dalam Standar Operasional Pelayanan (SOP) Dikbud Bolmut tentang penggunaan Kartu Ideal,”tambahnya.

“Ia pun berharap, Insya Allah Januari Tahun 2019 semua siswa TK, SD dan SMP sudah terjangkau dengan akan diluncurkan penggunaan Kartu Ideal,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut,Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Abdul Eba Nani mengatakan, pemberian bantuan itu harus tepat sasarannya dan tidak tumpang tindih.

Wakil Ketua I DPRD Bolmut tersebut menjelaskan,Pemerintah Pusat juga punya Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Jadi jangan tumpah tindih dan harus didata dengan jelas dan tepat sasaran, jangan sampai siswa yang sudah dapat Kartu KIP, juga memperoleh Kartu Ideal Pemda Bolmut, akan tetapi pada intinya pihak DPRD mendukung pelaksanaan peluncuran program Kartu Ideal,” kunci Eba Nani Politisi PAN Bolmut tersebut.

(HW)