banner 728x250

Sampah Berserakan, DPRD Soroti DLH

Foto: Ilustrasi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Boroko – Belum maksimalnya penanganan sampah oleh Pemerintah Kabupaten dalam menangani persoalan sampah khususnya diwilayah ibu kota Kabupaten yakni kecamatan Kaidipang, kembali disorot oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut.

Hal ini disampaikan oleh anggota komisi III DPRD Bolmut, Ramses sondakh, saat bertemu dengan sejumlah wartawan.

“Pemkab Bolmut khususnya Dinas lingkungan hidup ini harus benar – benar memperhatikan pengelolaan sampah di wilayah Kecamatan Kaidipang ini, karena banyak mendapatkan keluhan dari masyarakat,”ujarnya.

Dia juga mempertanyakan truk pengangkut sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan tersebut, karena tugas yang diberikan sudah jelas namun malah sampah ditempat pembuangan yang telah disediakan oleh pemerintah justru sering tidak diangkut oleh petugas truk sampah tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Bolmut, Irma Ginoga, saat dikofirmasi oleh sejumlah wartawan, mengatakan, bahwa penanganan sampah diwilayah ibu kota Boroko ini telah disosialisasikan oleh pihaknya.

“Kami telah melakukan sosialisasi terhadap  masyarakat agar dapat menggunakan tempat pembuangan sampah secara maksimal dengan tidak membuang sampah basah ditempat pembuangan yang pemerintah telah siapkan tersebut,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa persoalan sampah ini juga jangan hanya dibebankan oleh pihaknya, namun juga menjadi perhatian seluruh pihak khususnya pemerintah desa terkait terkait persoalan sampah tersebut.

“Pihak pemerintah desa khususnya diwilayah ibu kota boroko ini juga harus berperan aktif, jangan hanya dibebankan kepada pihak dinas, agar persoalan sampah ini bisa dapat diatasi,” ungkap Ginoga.

(Har)