banner 728x250
Daerah  

Pemda Bolmut Kecipratan Bantuan Dana Rehab Sekolah

Foto: Abdul N. Maloho, S.Pd, M.Si
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara kembali kecipratan bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 5,1 Miliar lebih. Bantuan tersebut diperuntukkan pada rehap 23 gedung Sekolah Dasar (SD) yang ada daerah Pantai Utara (Pantura) Sulut itu.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolaang Mongondow Utara Abdul Nazarudin Maloho kepada awak media ini.

“Saat ini kami sedang melengkapi semua persyaratan yang diminta untuk menerima bantuan rehap gedung sekolah yang telah mengalami kerusakan. Jika tidak ada aral melintang, tahun ini dananya akan segera dikucurkan kedaerah,” ujar Abdul Nazarudin Maloho.

Dikatakannya pula, bahwa bantuan itu diperoleh lewat sistem tata kelola dan proposal yang disampaikan ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Jika dananya sudah ada maka akan langsung kami kelola anggarannya. Teknisnya lewat swakelola disekolah, karena untuk item pekerjaannya hanya untuk rehab sedang dan berat, tidak untuk pembangunan gedung baru,” jelasnya.

Terpisah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara Sri Anita Potabuga, SE mengatakan, kami sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sebab hal itu dapat menambah ketersediaan sarana prasarana pendidikan yang layak untuk digunakan,” tutup Sri Anita Potabuga.

(Har)