oleh

Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Peningkatan SDM Bolmut Harus Jadi Prioritas

-Daerah, News-122 views

trendingpublik.com Boroko – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menilai jika persoalan Sumber Daya Manusia (SDM) saat masih banyak yang perlu dibenahi. Sebab disadari atau tidak bahwa tantangan dalam pembangunan kedepan semakin kompleks, sehingga tidaklah mudah dilalui. Apalagi diperhadapkan oleh isu strategis daerah yang masih perlu mendapatkan perhatian intens.

Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut Atkrida Datunsolang menyampaikan dalam setiap pembahasan APBD induk maupun APBD perubahan, pihaknya selalu benar-benar melihat skala prioritas, terutama dua sektor yakni, kesehatan dan pendidikan tanpa mengesampingkan juga sektor-soktor lain. “Tidak bisa dipungkiri masalah sosial ekonomi seperti penanggulangan kemiskinan dan pengangguran tentu harus dibarengi dengan peningkataan akses pendidikan sebagai cermin kwalitas hidup masyarakat, sehingga dikabupaten bolmut alokasi dana pendidikan, dan kesehatan akan terus di tingkatkan,” terang Datunsolang. Jum’at (10/5/2019).

Disampaikannnya lagi dibidang pendidikan yang sangat menonjol saat ini adalah masih minimnya kemapuan daerah untuk menghasilkan peserta didik yang mampu bersaing ditingkat Nasional, maupun diajang global meskipun perkembanganya semakin terlihat. “Perlu adanya keseriusan dari seluruh pihak untuk peningkatan SDM di daerah ini, sebab perkembangan zaman saat ini semakin kompleks sehingga membutuhkan SDM yang mumpuni, dan jika hal ini kita biarkan maka kedepannya daerah ini akan semakin tertinggal dengan daerah-daerah lainnya,” tambahnya.

Terpisah, menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bolmut Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si menyampaikan jika Pemerintah Daerah Bolmut terus berkonsentrasi dalam menyiapkan SDM yang handal. “Ketersediaan SDM yang handal dan mampu bersaing di segala ruang dan waktu tentu menjadi perhatian Pemda Bolmut. Salah satu yang dilakukan adalah mendorong para siswa untuk dapat melanjutkan studi, dan menyiapkan dana berupa beasiswa bagi mereka yang memenuhi syarat,” kunci Abdul Nazarudin Maloho Alumni Hmi. (Randi)

News Feed