banner 728x250

Gubernur Sulut Hadir Di Bolmut

Gubernur Hadiri Pemberian Gelar Adat Pada Bupati/Wakil Bupati Bolmut
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven Kandouw menghadiri penganugerahan gelar adat Ki Doni Pangulu Agu Apango Doni Pangulu kepada Bupati Dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) periode 2018 – 2023 bertempat dirumah adat komalig Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolmut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dalam sambutannya Selasa, (16/10/2018) mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulut mengucapkan terima kasih buat masyarakat Bolmut yang telah memberikan gelar adat yang sangat besar yakni Ki Doni Kiombu Pangulu Agu Kiapango Kiombu Doni kepada Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulut.

“Ini merupakan penobatan gelar adat yang kedua kali yang sebelumnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe Dan Bolmut,” kata Olly Dondokambey.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan bahwa seiring dengan selesainya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Bolmut periode 2013 – 2018, maka hari ini sesuai dengan amanat adat istiadat budaya lokal bersama-sama kita telah menyaksikan penobatan adat Ki Doni Pangulu Agu Apango Doni Pangulu kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolmut periode 2018 – 2023.

“Terkait dengan hal itu, Gubernur Sulut menambahkan, bahwa kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah dinobatkan gelar adat agar selaku pimpinan bagi seluruh masyarakat yang ada di daerah ini perlu dipastikan dan dipahami bahwa tugas utama pemimpin daerah memastikan urusan program pemerintahan, pembangunan, sosial kemasyarakatan, maju dan sinergitas dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Pusat dan tentunya bekerjasama dengan forum Pimpinan Daerah dan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Bolmut serta guna suksesnya tugas-tugas utama tersebut maka, Bupati dan Wakil Bupati Bolmut harus mampu menggalang dukungan yang untuk dari berbagai bidang di jajaran birokrasi yang ada,” tambah Dondokambey.

Gubernur Sulut menyampaikan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan seluruh masyarakat Bolmut, bahwa Pemprov Sulut tidak akan melupakan Bolmut dalam proses pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulut menyebutkan bahwa kehadirannya bukan hanya seorang diri akan tetapi didampingi oleh Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan, Pekerjaan Umum ini menandakan bahwa mereka melihat secara langsung apa yang menjadi kekurangan di Bolmong Utara. Sehingga APBD 2019 Pemrov Sulut secara langsung akan membantu Bolmut.

Ia pun mengatakan, melihat Budaya yang ada di Bolmut ini sudah sesuai dengan Visi Dan Misi Pemrov Sulut  karena pariwisata tanpa budaya tidak akan maju. Jadi, nanti kita akan menghibahkan dana secara langsung ke Bolmut untuk menunjang dan meningkatkan pariwisata Bolmut dari segi adat istiadat dan budaya,” kunci Olly Dondokambey Gubernur Sulut itu. (HW)