oleh

Atlet Catur Irene Kharisma Sorot Kasus Dewa Kipas

-Nasional, News-85 views
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Tredingpublik.com, JAKARTA – Dadang Subur yang di juluki (Dewa Kipas) merupakan mantan atlet catur, kini ramai diperbincangan setelah mengalahkan Levy Rozman (GothamChes) seorang ahli catur sekaligus youtuber, dalam pertandingan game Chess.com.

Levy Rozman asal Amerika Serikat menggunakan nama akun GothamChess menuding Dewa Kipas curang, berujung dengan pemblokiran akun Dadang Subur pria Indonesia tersebut.

Polemik kemenangan Dewa Kipas atas GothamChes menjadi trending perbincangan belakangan ini. Gran Master Wanita Irene Kharisma menyebut kasus ini mencoreng catur Indonesia.

Kejadian itu pun berujung dengan aksi geruduk dari nitizen Indonesia terhadap Rozman. Nitezen Indonesia ramai-ramai membela dan menyerbu akun media sosial Rozman.

Dadang membantah telah melakukan kecurangan terhadap Rozman, dalam kesempatan Dadang mendapat undangan untuk berbicara di podcast Deddy Corbuzier. Hal ini yang kemudian mengundang sorotan dari Grand Master Wanita Irene Kharisma.

Irene menilai Deddy Corbuzier memberikan panggung untuk Dadang, namun tidak memberikan gambaran yang jernih terhadap kasus tersebut. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) dalam diskusi pada Jumat (12/3/2021) lalu mengungkapkan anomaly pada permainan Dadang Subur alias Dewa Kipas, termasuk menjelaskan algoritma kecurangan yang dipakai di Chess.com.

GM Irene Kharisma bertekat meluruskan situasi dalam kasus ini. Tak mau banyak komentar, pecatur 28 tahun itu Cuma menyebut kasus Dewa Kipas ini mencoreng catur tanah air di kancah internasional.

“Saya tidak mau komentar lagi, karena memang sudah selesai, tidak ada apa-apa lagi. Apa yang saya lakukan sekarang hanya meluruskan berita saja apa yang dilakukan Dewa Kipas bukan hanya mencoreng Percasi, tapi kami sebagai atlet catur,” kata Irene Kharisma. Senin (15/3/21).

Grand Master Irene Kharisma telah menyurati Deddy Cirbuzier terkait podcast-nya dengan Dewa Kipas, iya menyebut telah diundang untuk membahas lebi lanjut isu ini.

News Feed