banner 728x250

DPRD Bolmut Dorong SKPD Tingkatkan Serapan Anggaran

DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Lumoto : Hal ini Perlu Dilakukan Untuk Menghindari Silva Diakhri Tahun

Boroko – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meminta kepada Satuan Perangkat Kerja Daerah agar dapat mengenjot serapan anggaran ditahun 2017 ini.

Seperti yang disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Bolmut, Arman Lumoto saat bertemu dengan sejumlah wartawan, belum lama ini.

“Serapan anggaran ini dinilai perlu dilakukan oleh SKPD untuk memaksimalkan anggaran pada tahun 2017 ini yang telah disepakati bersama dengan pihak DPRD Bolaang Mongondow Utara,” ujarnya.

Dia pun menjelaskan, bahwa upaya untuk menggenjot serapan anggaran oleh SKPD ditahun 2017 ini, dinilai perlu karena melihat saat ini sudah memasuki tahap pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) sehingga apabila bila masih ada instansi yang tidak mampu menyerap Anggaran pada APBD Induk tersebut maka dipastikan tidak ada penambahan pada APBD-P.

Dia juga menyampaikan, bahwa pihaknya juga mewarning kepada Pihak SKPD dapat secepatnya melaksanaan program yang sudah ditetapkan antara pihak Eksekutif dan Legislatif dan kami selalu mengigatkan kepada seluruh SKPD untuk memacu program disetiap SKPD.

“SKPD harus dapat terus meningkatkan kinerja dengan indikator tingginya menyerapan anggaran, agar kinerja sejumlah SKPD yang belum maksimal dapat lebih di tingkatkan, agar tidak akan terjadi silva saat tutup buku pada saat akhir tahun nanti, seperti pada tahun-tahun kemarin,” jelasnya.

Terpisah, Sekertaris Daerah, DR Drs Asripan Nani, Msi, saat dikonfirmasi oleh sejumlah wartawan mengatakan, “bahwa setiap SKPD wajib hukumnya untuk meningkatkan serapan anggaran, agar tidak akan terjadi silva di akhir tutup buku nanti pada bulan Desember mendatang,” tegas Asripan Nani.