banner 728x250

DPRD Apresiasi Pelatihan Lembaga Adat Di Desa Bigo

Yanti Harundja
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com – Pemerintah Desa Bigo menggelar pelatihan lembaga adat bertempat di Balai Desa Bigo, guna menambah pengetahuan dan kapasitas para petugas adat untuk menggunakan bahasa adat yang benar.

Sangadi (Kepala Desa, red) Bigo Waris Tanaijo saat dikorfimasi oleh awak media ini mengatakan, bahwa ini pelatihan lembaga adat merupakan program kerja yang telah tertata di Anggaran Pendapatan dan  Belanja Desa  tahun anggaran 2016  dan ditelah direalisasikan pada tahun 2017 dengan menggunakan sumber Dana Desa (DD),” kata Waris Tanaijo.

Waris Tanaijo menambahkan, dari pelatihan lembaga adat ini diikuti oleh delapan peserta dari dusun satu, dua, dan tiga Desa Bigo. “Untuk mengikuti bagaimana tata cara membawakan penggunaan bahasa adat yang resmi baik disetiap kegiatan yang bersifat memerlukan petugas lembaga adat,” ujarnya.

Lanjutnya, bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 12 sampai dengan 13 Desember 2017. Kami mengharapkan kepada para peserta untuk dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius sehingga mampu menghasilkan petugas-petugas adat yang baik,” harap Waris Tanaijo.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Yanti Harundja saat dimintai tanggapannya mengatakan, kami sangat mengapresiasi program kerja pelatihan lembaga adat ini, karena bisa mehasilkan petugas lembaga adat yang kumunikatif dalam melaksanakan tugas-tugas adat,” tutup Yanti Harundja.

(Har)