banner 728x250
Daerah  

DPMD Optimalisasi Kawal Pengelolaan BUMDes

Foto: Fadli T. Usup
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com – Terkait Proses Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di 106 Desa Sekabupaten Bolaang Mongondow Utara terus dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk lebih mengoptimalkan terkait pengelolaannya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala DPMD Bolmut, Fadli Tadjudin Usup, SE.,M.Si saat dikonfirmasi oleh awak media ini mengatakan, sampai dengan saat ini pihak DPMD telah melakukan upaya mengoptimalkan pengelolaan 106 BUMDes agar dapat memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes) setiap tahunnya,” kata Fadli Tj Usup.

Menurutnya, proses pengembangan BUMDes itu berpedoman pada Peraturan Menteri Desa Dan Pembangunan Daerah Tertinggal No 4 Tahun 2017. Namun ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan BUMDes diantaranya, fungsi pengawasan, perlunya pendamping dana desa dan pelatihan bagi pengurus BUMDes,” katanya.

“Dari hasil monitoring dan evaluasi 106 BUMDes yang telah terbentuk, sudah ada enam BUMDes yang telah memberikan kontribusi ke PADes Pemerintah Desa (PEMDes).”

Diapun berharap kiranya dari ke enam BUMdes tersebut bisa menjadi contoh bagi BUMdes yang lain untuk peningkatan pengelolaan usaha. Perlu juga peran dari seluruh elemen masyarakat, dan insan Pers dalam mempromosikan kemajuan BUMdes di Bolmut,” harapnya.

(Har)