banner 728x250

Dispora Gelar Keterampilan Seni Rabana

Foto: Redaksi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Boroko – Demi mengembangkan kompetensi pemuda islam tentang seni rebana dalam upaya penanaman nilai – nilai agama di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Dispora gelar keterampilan memainkan musik rabana di Stand Dinas yang ada di kawasan Festival Pantai Batu Pinagut.

Hal ini diampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga melalui Kepala Bidang Kepemudaan Lily Pontoh saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa ini merupakan program awal yang dilaksanakan oleh Dispora untuk pengembangan kompetensi pemuda muslim dibidang kesenian khususnya musik rabana.

Lanjutnya, dia menjelaskan bahwa untuk sementara ini keikutsertaan dalam pengembangan keterampilan seni rabbana ini masih diikuti satu OKP yakni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Bolmut yang terdiri dari enam Kecamatan yakni DPK BKPRMI Sangkub, Bintauna, Bolangitang Barat, Bolangitang Timur, Kaidipang Dan Pinogaluman.”kata Lily Pontoh.

Pihak Dinas akan turun kelapangan yang ada dimasing – masing kecamatan untuk mengecek kesiapan para pemuda dalam mengembangkan musik rebana, sebab selama ini seni memainkan musik rabana sudah mulai hilang dikalangan pemuda. Oleh sebab itu, maka dinas berinisiatif untuk mengembangkan dan memromosikan kesenian islami tersebut dikegiatan hajatan maupun acara resmi.

Terpisah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Atkrida Datunsolang saat dikonfirmasi mengatakan, pihak DPRD mendukung upaya yang dilakukan oleh Dispora dalam mengembangkan seni rabana, sebab ini bisa dijadikan contoh untuk menggali potensi pada pemuda muslim, karena seni rabana ini sudah mulai punah oleh karena itu perlu dilestarikan kembali,”ucap Atkrida.

(Har)