banner 728x250

BPBD Gelar Pelatihan, Reba Pontoh: Itu Penting Bagi Daerah

Hi. Reba Pontoh
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar Sosialisasi dan Pelatihan pada Relawan Penanggulangan Bencana, bertempat di Rumah Makan Bounor Beach, Jalan Trans Sulawesi Desa Kuala Kecamatan Kaidipang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Dr. Asripan Nani, Jefri P. BPBD Provinsi Sulut dan Rusmadi Koordinator SAR (Search and Resgue) Kotamobagu, serta 60 peserta.

Tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Melalui Pelatihan Relawan Kita Tingkatkan Kewaspadaan dan Keterampilan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana”.

Kepala BPBD Bolmut Drs. Musliman Datukramat mengatakan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara merupakan daerah rawan bencana, seperti banjir yang merata di 6 kecamatan.

“Di Bolmut kurang lebih ada 9 petensi bencana, mulai dari banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, kebakarn lahan, kekeringan, abrasi pantai dan cuaca ekstrim yang mengakibatkan angin puting beliung maupun angin topan yang berpotensi merusak”, Ungkap Musliman.

Kata Musliman, dengan alokasi anggaran begitu minim tidak berbanding lurus dengan tuntutan masyarakat terhadap eksistensi dari BPBD dalam menanggulangi becana.
“Kendala kita selama ini di BPBD diantaranya personil SDM-nya terbatas, jumlahnya kuantitasnya belum memenuhi syarat, kemudian pendanaan, karena dana yang dialokasikan itu sangat terbatas jika dibandingkan tuntutan masyarakat”, tuturnya.

Musliman berharap, melalui sosialisasi dan pelatihan ini, peserta dapat meningkatkan pengetahuan tentang tindakan sebelum, saat dan sesudah terjadi bencana di lingkungan kita, selain itu juga dapat membangun budaya siaga dan meningkatkan kewaspadaan, serta membangun ketahanan dalam menghadapi bencana secara terencana, terpadu dan terkoordinasi.

“Saya berharap walaupun peserta dan waktunya sedikit, namun saya harap masyarakat bisa memahami bagaimana cara menghadapi bencana, mulai dari menyelamatkan diri maupun memberikan pertolongan. Dengan pelatihan ini kita bisa satu komando, satu gerakan bisa menghadapi bencana secara bersama-sama”, harap Musliman.

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh pemateri Rusmadi, yang secara mendalam memberikan materi diantaranya pengetahuan dasar SAR, Medical First Responder, Teknik Evakuasi Dasar, dan teknik evakuasi dasar sebagai bekal apa bila nantinya dibutuhkan saat terjadi musibah.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Hi.Reba R.Pontoh, SE mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh BPBD terkait pencegahan lebih dini terhadap berbagai macam bencana yang sewaktu –  waktu datang tanpa sepengetahuan kita,” katanya.

Dirinya, berharap instansi terkait dapat menyiapkan alat yang mampu memberikan sinyal lebih dini tentang adanya bencana,” tutup Reba Pontoh.

(Har)