banner 728x250
Daerah  

Bolmut Lagi Marak Bom

Arman Lumoto
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com – Nampaknya para Nelayan Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), sudah mulai resah, karena ulah dari tukang bom ikan yang lagi marak diwilayah Laut Daerah setempat.

Seperti disampaikan Mustakim warga Pinogaluman, bahwa pengeboman ikan di laut Bolmut sudah semakin parah. Sehingga pemerintah harus segera turun tangan untuk melakukan pengawasan.

“Jika ini terus dibiarkan, maka akan merusak ekosistem laut, termasuk terumbu karang,” kata Mustakim.

Ia juga mengungkapkan, pelaku bom ikan ini bukan berasal dari Bolmut, melainkan dari luar daerah. “Kami kesulitan melaut, dan hasil tangkapan ikan juga menurun akibat bom ikan itu,” akunya.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD Bolmut Arman Lumoto, meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) melalui instansi teknis, agar dapat mengawasi perairan Bolmut. “Pengawasan di perairan Bolmut harus ditingkatkan untuk menghentikan para pelaku bom ikan,” pinta Arman.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bolmut, Victor Nanlesy tak menampik hal tersebut. Victor membenarkan, jika belakangan ini bom ikan mulai marak terjadi di laut Bolmut. Namun katanya, kewenangan pengawasan laut, sudah diambil alih pihak provinsi.

Meski demikian, kita akan berkoordinasi dengan pihak provinsi. Nanti provinsi akan berkoordinasi lagi dengan pihak Polisi Perairan (Pol-Air) untuk menindak lanjuti laporan tersebut,” jelas Victor.

(Har)