oleh

Arab Saudi Beri Sangsi Tegas Yang Bepergian ke Negara Daftar Merah Covid-19

DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Trendingpublik.Com, RIYADH – Demi mencegah masuknya varian Delta virus Corona, Arab Saudi mengambil langkah tegas kepada siapa saja yang bepergian ke negara dalam daftar merah Covid- 19 bakal mendapat sangsi. Termasuk bepergian ke Indonesia.

“Mereka yang kedapatan melakukan perjalanan ke negara-negara terlarang akan mendapatkan hukuman berat… serta dilarang bepergian ke luar negeri untuk jangka waktu tiga tahun,” pengumuman kementerian Arab Saudi dilansir dari APF, Rabu (28/7/21).

“Merujuk situasi terkini pendemi virus Corona-19 dan penyebara varia baru, kementerian dalam negeri Arab Saudi memperingatkan warga agar tidak bepergian ke sejumlah negara, baik secara langsung maupun melewati negara ini secara tidak langsung,” lanjut dari pernyataan itu.

Berdasarkan larangan penerbangan maskapai Arab Saudi, saat ini ada 16 negara yang dilarang sebagai negara tujuan. Dikutip dari Reuters, negara itu antara lain Afganistan, Argentina, Brasil, Mesir, Ethiopia, India, Indonesia, Lebanon, Pakistan, Africa Selatan, Turki, Vietnam dan Uni Emirat Arab (UEA).

Larangan penerbangan maskapai Arab Saudi ke Indonesia tersebut dimulai sejak Februari 2021. Saat kasus Covid-19 di Indonesia semakin menanjak, Arab Saudi bahkan melarang warganya masuk RI mulai 21 Juli.

Pembatasan itu bakal akan berlanjut sampai situasi kembali membaik. Warga Arab Saudi saat ini berada di Indonesia diimbau untuk berhati-hati, menjauh dari daerah dengan tingkat infeksi tinggi, menjaga semua tindakan pencegahan, dan kembali ke Arab Saudi secepat mungkin.

Varian terbaru Delta virus Corona, pertama kali terdeteksi di India dan sekarang hadir di puluhan negara seluruh dunia adalah yang paling menular dari semua jenis Covid 19 yang pernah diidentifikasi.

Arab Saudi telah mencatat lebih dari 520.000 kasus virus Corona, termasuk 8.189 kematian.

News Feed