banner 728x250

Sampah Berserakan, Dinas KLH Kerahkan Petugas Kebersihan

Foto: Ilustrasi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Boroko – Pasca festival pesona pantai batu pinagut, banyak sampah yang berserakan disepanjang jalur yang ada dikawasan pantai. Buktinya banyak keluhan dari warga masyarakat tentang sampah yang belum dibersihkan oleh petugas kebersihan.

Hal ini disampaikan, oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Irma Ginoga, S.Pd.,M.Si saat dimintai penjelasannya diruang kerjanya mengatakan, bahwa untuk pengelolaan sampah sudah menjadi tanggung jawab penuh semua pihak, bukan hanya dinas lingkungan hidup dan kehutanan saja karena kebersihan sampah merupakan tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

Ginoga menambahkan, untuk sampah yang ada diseputaran kawasan pantai batu pinagut, kami sudah mengerahkan tim petugas kebersihan yang akan mengangkut berbagai jenis sampah, baik sampah kering maupun sampah basah.

“Kami telah menyiapkan tempat pembuangan sampah (TPS) baik yang organik maupun non organik ini bertujuan, untuk memudahkan masyarakat dalam membuang sampah”.

Lanjut Irma Ginoga, untuk armada pengangkutan sampah masih terbatas pada kendaraan operasional, sebab hanya ada dua mobil pengangkut sampah jadi tidak mungkin mengangkut sampah dalam jumlah banyak.

Dia berharap perlu adanya sosialisasi dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena dapat mengganggu keindahan lingkungan sekitar masyarakat.”ucap Irma Ginoga

Terpisah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Ramses R. Sondakh saat dikonfirmasi mengatakan, ini merupakan inisiatif yang baik dan perlu adanya kerjasama dari seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah di sembarangan tempat.

Ramses berharap, agar kegiatan kebersihan lingkungan ini tidak hanya menjadi beban instansi yang berwenang, tetapi perlu didukungan oleh semua pihak tanpa terkecuali, ”harapnya.

(Har)