banner 728x250

Salah Siapa Soal Keterlambatan Gaji ASN ?

Gaji ASN
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com  Polemik keterlambatan pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang mengarah pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (DPRD) Bolmut, ditanggapi oleh Wakil Bupati Suriyansah Korompot, SH.

“Keterlambatan gaji yang terjadi ASN di kabupaten Bolmut bukan merupakan kesalahan DPRD, dan mungkin keterlambatan pembayaran gaji ini juga terjadi hampir diseluruh daerah pada saat awal tahun, sehingga tidak perlu menyalahkan DPRD Bolmut apabila terjadi keterlamabatan tersebut,” ujarnya.

Wabup Bolmut ini juga mengungkapkan bahwa pembayaran gaji para ASN ini seharusnya sudah bisa dibayarkan pada awal januari tanpa menunggu persetujuan dari DPRD Bolmut, karena anggarannya karena gaji para ASN tidak ada perubahan dan sudah tertata sejak tahun 2017 lalu.

Terpisah, Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Bolmut, Abdul Eba Nani juga mengungkapkan, realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, sudah bisa direalisasi pekan ini. Rencananya, SK DPA akan diterbitkan hari ini.

“Untuk Gaji ASN sebenarnya sudah bisa terbayar sejak awal Januari tanpa menunggu persetujuan DPRD sebab, anggaran gaji ASN tidak ada perubahan dan sudah ditata sejak 2017,” ungkapnya.

Eba juga menepis adanya isu yang menyatakan keterlambatan gaji ASN akibat menunggu pengesahan DPRD. “Yang diperbaiki bukan anggaran belanja pegawai karena itu sudah ditata dan tidak lagi ada perbaikan. Jadi, seharusnya, gaji sudah bisa disalurkan sejak Januari. Tanpa menunggu perbaikan bersama DPRD,” tegas Politisi PAN tersebut.

(Har)