oleh

NASA Perlihatkan Foto Berwarna Permukaan Planet Mars

-SAINS, Tekno-16 views

Trendingpublik,com, LOS ANGELES – Robot Penjelajah NASA yang berada di planet mars kini kembali mengirimkan foto berwarna permukaan planet Mars yang didominasi warna merah. Sebelumnya robot penjelajah Perseverance telah mengirimkan gambar hitam putih planet Mars yang di ambil oleh kamera dengan teknik yang digunakan untuk penjelajah.


Adam Steltzner, kepala insinyur penjelajah mengungkapkan kalau gambar-gambar awal pendaratan yang dihasilkan Perseverance sangat ikonik. “Kami mungkin dapat menyumbangkan gambar ikonik lainnya dan saya senang untuk mengatakan bahwa saya berharap hari ini kita bisa,” katanya seperti dikutip CNN.

Foto Pertama Permukaan Planet Mars , Foto : NASA

Steltzner mengutip gambar-gambar luar angkasa ikonik dari misi Apollo, seperti Buzz Aldrin di permukaan bulan, gambar pertama Saturnus Voyager dan foto menakjubkan “Pilar Penciptaan” dari Teleskop Luar Angkasa Hubble.

Sementara gambar pertama yang dikembalikan oleh penjelajah Kamis malam adalah sekilas hitam dan putih yang menunjukkan bahwa ia mendarat dengan selamat di Mars. Sedangkan gambar berwarna yang dkirim pada hari Jumat menunjukkan karakteristik warna merah permukaan Mars. Ini adalah gambar berwarna pertama yang dirilis dari Perseverance di permukaan Mars.

“Cakrawala terbuka, dengan begitu banyak hal untuk dijelajahi. Tidak sabar untuk segera berangkat,” cuit akun twitter Perseverance.

Bebatuan juga terlihat tersebar di permukaan datar lokasi pendaratan di Kawah Jezero, tetapi ukurannya kecil jika dibandingkan dengan roda penjelajah besar.

Sementara, kamera HiRISE Mars Reconnaissance Orbiter, yang terbang di atas lokasi pendaratan saat Perseverance datang untuk pendaratan, menangkap pemandangan luar biasa saat parasut pesawat ruang angkasa terbuka.

“Jika Anda melihat di bawah ke lingkaran kecil, ini adalah titik touchdown akhirnya kami,” kata Aaron Stehura, wakil pemimpin fase untuk masuk, turun dan mendarat. Stehura juga merefleksikan saat tim melihat gambar penjelajah dari sudut pandang lain.

Manajer Misi Strategis Perseverance, Pauline Hwang mengatakan, Sebelum melakukan misinya, Perseverance akan melalui beberapa pemeriksaan perangkat keras untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik

Kepala, atau tiang, akan terbuka dan kamera di tiang akan menangkap lebih banyak gambar di sekitar penjelajah untuk memberikan panorama dari penjelajah.

Helikopter kecil pintar yang terselip dibawa penjelajah, juga akan menjalani pemeriksaan. “Sebelum helikopter dapat memulai serangkaian penerbangan uji coba selama periode 30 hari, banyak yang harus terjadi dan itu akan memakan waktu,” kata Hwang.

Nantinya Perseverance diarahkan menuju lokasi helipad untuk menurunkan helikopter di permukaan Mars dan mundur. Perseverance akan merekam foto dan video penerbangan bersejarah ini. Ingenuity juga mengusung dua kamera dan akan dapat membagikan pemandangan udaranya.

Sekarang Perseverance telah mendarat, ia dapat beralih ke perangkat lunak yang akan digunakannya saat berkendara di permukaan Mars. “Gambar yang dikirim kembali oleh penjelajah akan menginformasikan kepada tim sains sehingga kami benar-benar dapat mulai benar-benar memulai misi,” kata Hallie Gengl Abarca, kepala tim pencitraan dan pemrosesan data penjelajah untuk operasi permukaan. (rdks)

News Feed