oleh

Lapas Tanggerang Kebakaran, 41 Warga Binaan Dilaporkan Tewas

-Nasional-11 views
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Trendingpublik.Com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanggerang, Kota Tanggeran, Banten, mengalami kebakaran dengan jumlah korban tewas sebanyak 41 orang. Kebakaran lapas terjadi pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Diketahui banyaknya korban tewas adalah warga binaan yang menghuni lapas, diantaranya ada dua warga negara asing asal afrika Selatan dan Portugal.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, Agus Toyib mengatakan, saat kebakaran terjadi, semua pintu kamar tahanan sedang terkunci. Hal ini mengakibatkan banyak tahanan yang tidak bisa dikeluarkan untuk diselamatkan.

“Terbakar karena memang kamar semua di kunci, jadi ada yang tidak sempat dikeluarkan dari kamar,” ujar Agus. Dikutip dari merdeka.com.

Agus Toyib juga mengungkapkan, banyaknya korban karena disebapkan minimnya petugas yang berjaga saat kejadian kebakaran membuat pihaknya kesulitan untuk menyelamatkan para warga binaan. Apalagi, api saat itu dengan cepat membesar.

“Ini sebenarnya normal-normal saja, cuma pas saat tadi malam itu tiba-tiba ada korsleting listrik itu kemudian terbakar. Akhirnya kemudian kan penjaga kita hanya 12 orang, nah sehingga melakukan langkah penyelamatan itu tidak mungkin apinya ini sudah membesar,” kata Agus.Tak hanya sedikitnya petugas jaga untuk menyelamatkan warga binaan, melainkan juga hanya ada satu pintu saja yang dapat dilewati.

Dugaan sementara terbakarnya lapas kelas I Tanggerang akibat arus pendek listrik. (rdks/tp)

News Feed