oleh

Koin Perak Berusia 2.100 Tahun Ditemukan Tim Arkeolog Turki

-SAINS, SAINS-21 views

Trendingpublik.com,  SAINS – Tim Arkeolog Universitas Pamukkale Turki menemukan kendi berisi tumpukan koin perak era Romawi yang terkubur di dekat sungai. Sebanyak 651 koin berusia sekitar 2.100 tahun itu ditemukan di situs Aizanoi, sebuah kota Yunani kuno di Provinsi Kütahya barat Turki.

Arkeolog di Universitas Pamukkale di Turki Elif Özer mengatakan, penemuan luar biasa ini diperkirakan milik seorang perwira di batalion Romawi. 

“Itu adalah penemuan yang sangat menarik. Seorang prajurit berpangkat tinggi datang ke Aizanoi dan dia pasti telah mengubur koin-koin ini di sini karena alasan yang belum kita ketahui,” katanya kepada Live Science.

Arkeolog menemukan kendi terkubur di tepi sungai di Aizanoi pada September 2019. Setelah memeriksa penimbunan uang tunai, mereka mengidentifikasi 439 keping sebagai dinar, atau koin Romawi kuno yang dicetak di atas perak, dan 212 sebagai cistophori, koin perak dari Pergamus.

“Semua koin bertanggal antara 75 SM. dan 4 SM Potret kaisar Romawi menghiasi koin perak,” tambahnya.

Caesar, Brutus, Mark Antony dan Augustus Young digambarkan pada koin-koin itu. Sedangkan sisi lainnya menceritakan kisah yang berbeda. Satu koin menunjukkan adegan dengan Aeneas – pahlawan Trojan yang merupakan putra dewi Aphrodite dan Anchises, sepupu raja Troya.

Menurut mitologi Yunani-Romawi; Aeneas juga dikenal sebagai nenek moyang Remus dan Romulus, saudara kembar yang dianggap sebagai pendiri Roma. “Dalam adegan yang terukir di koin, Aeneas membawa Jangkar di punggungnya,” kata Ozer.

News Feed