oleh

Kepala Kru Quartararo, Fabio Mamakai Baju Balap dengan Benar

-Balap, Sport-60 views
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Trendingpublik.Com, MotoGP – Kondisi tak lazim dialami Quartararo kala balapan di Sirkuit Catalunya Spanyol. Minggu 6 Juni 2021 malam WIB. Pada tiga lap terakhir, baju balap pembalap asal Prancis itu tiba-tiba terbuka saat balapan sedang berlangsung. Akibat peristiwa ini, Quartararo harus diganjar penalti.

Kepala kru Quartararo, Diego Gubellini, menjelaskan datik-detik baju balap Quartararo terbuka saat balapan menyisakan beberapa lap lagi. Dia mengklarifikasi, bahwa Quartararo mengenakan baju balap dengan benar sebelum balapan dimulai.

“Sebelum start, Fabio menutup baju balap dengan benar (seperti yang dikonfirmasi oleh kamera on board),” kata Gubellini dalam unggahanya di Facebook.

Kata dia, detik-detik baju balap Quartararo terbuka bermula, ketika Quartararo masuk tikungan pertama empat lap sebelum berakhir.

“Setelah itu baju balap tiba-tiba terbuka saat pengereman (menjelang) tikungan 1,4 lap sebelum berakhir,” ujar Gubellini

Akibat baju balap terbuka, Quartararo keluar lintasan di tikungan 1 pada 3 lap sebelum berakhir. Akibatnya, Quartararo kehilangan waktu 0,7 detik.

“Dalam upaya untuk menutup baju balap itu, pelindung depan (chest protector) terbang karena kecepatanya. Fabio mengakhiri balapan di posisi ketiga. Fabio dihukum 6 detik,” jelasnya.

Alpinestars sebagai produsen baju balap yang dikenakan Quartararo melakukan investigasi. “Setelah analisis awal (Alpinestars) menemukan baju balap berfungsi normal dengan ritsleting dan pengencang berfungsi penuh. Tidak ada penyebap yang jelas untuk masalah MotoGP Catalunya Fabio Quartararo,” kata Alpinestars.

Alpinestars tidak menemukan cacat apa pun pada baju balap Fabio Quartararo selama pemeriksaan segera setelah balapan Catalunya.

Alpinestars menegaskan airbag pada baju balap Quartararo juga tidak bermasalah. Airbag dilaporkan belum berfungsi karena tidak terjadi kecelakaan.

“Sistem Airbag Tech-Air tidak mengembang selama balapan, berfungsi seperti yang diharapkan karena tidak situasi tabrakan,” kata Alpinestars.

News Feed