oleh

Kehebatan Ponsel 5G Jika Jaringan 5G Aktif di Indonesia

-Gedget, Tekno-86 views
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

TEKNO — Jaringan 5G memang belum hadir di Indonesia. Namun, sudah banyak sekali rumor yang menyebut 5G merupakan teknologi masa depan. Selain menawarkan kecepatan, juga latensi yang sangat rendah.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan mengatakan, Samsung sengaja membawa Galaxy S21 Series 5G menggunakan konektivitas 5G karena memang menyiapkannya untuk masa depan.

”Fitur dan spesifikasinya telah dirancang agar tetap relevan, bahkan ketika nanti5G sudah benar-benar diimplementasi di Indonesia,” ujar Taufik.

Manager Network Master Plan Telkomsel Harry Utama mengatakan, 5G membawa teknologi baru seperti latensi rendah, kecepatan tinggi, serta komunikasi antar-perangkat yang cepat dan dalam skala besar.

”Saat ini Telkomsel sedang menyiapkan tiga hal, ekosistem, spektrum, dan infrastruktur jaringan,” ujar Harry.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apa sih dampak 5G bagi konsumen? Apa yang bisa dilakukan konsumen terhadap jaringan 5G?

Lebih Cepat Streaming dan Upload Video

Bandwidth 5G yang lebih besar dari 4G memungkinkan pengguna 5G men-streaming data berukuran besar dengan cepat. ”Kecepatan download dan upload jauh lebih cepat. Pengguna bisa memutar konten video beresolusi 4K tanpa buffering,” bebernya.

Ini relevan dengan layar Infinity-o Dynamic AMOLED 2X Galaxy S21 Series 5G dengan resolusi 1440p. Pengguna bisa menonton video beresolusi 2K dengan lancar. YouTube saat ini sudah mendukung resolusi 4K atau lebih tinggi.

Video Call Lebih Jernih

Jaringan 5G memungkinkan pengguna melakukan video call dengan resolusi lebih jernih. Kamera depan Galaxy S21 Series 5G juga lebih optimal.

Cloud Gaming

5G lebih dari sekedar peningkatan bandwidth.

Selain bandwidth lebih besar, teknologi 5G juga memiliki konektivitas dengan latensi rendah. Sehingga memperkecil waktu yang diperlukan untuk koneksi perangkat satu ke perangkat lainnya.

Dampaknya, adalah muncul teknologi yang disebut cloud gaming. Karena latensi rendah, maka proses komputasi bisa dilakukan di cloud. Teorinya, konsumen bisa memainkan gim dengan grafik super tinggi di layar smartphone.

Ngegame Lebih Seru

Exynos 2100 di Samsung Galaxy S21 Series 5G bisa digunakan di game yang sudah mendukung 120 fps. Dengan koneksi 5G, waktu respons jadi jauh lebih baik. Khususnya di game kompetitif seperti Mobile Legends atau PUBG mobile.

Internet of Things

Pemanfaatan optimal jaringan 5G sedang dijajaki. Dan Salah satu use-case 5G adalah bagaimana 5G dapat berkontribusi kepada Internet of Things (IoT).

Meski belum sepenuhnya mengadopsi IoT, Samsung Galaxy S21 Series 5G punya fitur Smart Things, yang saat ini digunakan untuk mencari perangkat-perangkat Galaxy yang dimiliki oleh konsumen melalui SmartThings Find.

News Feed