banner 728x250

DPRD Harap Disdukcapil Tuntaskan Perekaman E-KTP

Ilustrasi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com BOROKO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), saat ini memiliki stock Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) sebanyak 2000 blangko.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Bolmut Parmin Mokodompis, S.Pd kepada sejumlah wartawan, Senin, (21/05/2018).

“Untuk dua ribu blangko ini hanya diperuntukan bagi masyarakat Bolmut yang akan melakukan cetak baru, pergantian status, pergantian e-KTP hilang yang didukung oleh surat keterangan kepolisian,” kata Parmin Mokodompis.

Terkait adanya sejumlah Desa yang telah mengalami pemekaran, jelas Parmin, e-KTP terhadap masyarakat masih tetap berlaku tanpa ada harus mengganti e-KTP yang baru.

“Terkait pemekaran desa e-KTP tetap berlaku, sebab pergantian terhadap e-KTP tersebut tidak masuk dalam skala prioritas,” jelas Parmin.

Pihaknya berharap, kiranya penuntasan data kependudukan ini mendapatkan dukungan dari seluruh perangkat desa maupun kecamatan untuk menginformasikan ke masyarakat terkait pelayan e-KTP.

“Saat ini kami selain melakukan pelayanan langsung di Kantor Disdukcapil, kami juga melakukan pendataan langsung dilapangan dengan menurunkan tim perekaman e-KTP dilokasi yang telah ditentukan,” katanya.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Abdul Eba Nani berharap Dinas Dukcapil agar, dapat menuntaskan perekaman e-KTP sebab ini merupakan tanggung jawab instansi terkait dalam hal, tertib administrasi kependudukan,” harap Eba Nani.

Menurutnya, perekaman e-KTP bagi masyarakat Bolmut merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengetahui identitas setiap warga negara. Mengingat KTP Elektronik ini juga dibutuhkan pada saat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmut Tahun 2018, karena sesuai aturan dari KPU RI bahwa yang wajib memilih yaitu yang sudah memiliki e-KTP dan Surat Keterangan (Suket), oleh sebab itu instansi terkait mampu mencapai target serta menuntaskan persoalan perekaman e-KTP,” kunci Eba Nani.

(Har)