banner 728x250

DPRD Harap DAK RSUD Dikelola Sesuai Prosedur

Mulyadi Pamili, SH
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

trendingpublik.com  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada Tahun ini akan kecipratan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 25,9 Milyar.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dirut RSUD Bolmut dr.Winny Sowikromo melalui Kepala Sub Bidang Perencanaan Febriyanto Lumoto, SKM. Menurutnya, berdasarkan hasil usulan dari bersama Dinas Kesehatan, di tahun 2018 RSUD Bolmut akan miliki dana segar 25,9 Miliyar yang bersumber dari DAK dan nantinya akan diperuntukan untuk pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) serta penambahan sejumlah bangunan di RSUD Bolmut tersebut.

“Sesuai dengan apa yang tertuang dalam juknis dari 25,9 Miliyar dana DAK tersebut, 8 Miliyar 250 juta di peruntukan bagi pembangunan fisik berupa gedung kamar jenazah, ruang CSSD, pembanguan gedung obat dan pembangunan ruang kelas I, kelas II dan kelas III. Sedangkan untuk pengadaan Alkes berjumlah 17,65 Miliyar,” ujarnya.

Dikatakannya, sambil menunggu realisasi program di RSUD Bolmut yang bersumber dari DAK tersebut, pihaknya juga telah menyusun permintaan DAK untuk RSUD di tahun 2019 nanti. “Kami juga sudah di desak oleh Kementrian Kesehatan untuk memasukan usulan DAK 2019,” katanya.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut Mulyadi Pamili,SH juga mengharapkan agar DAK di RSUD Bolmut tahun ini dapat di kelola dengan baik sesuai dengan prosedur yang telah di atur dalam undang – undang,” katanya.

(Har)