banner 728x250

Disperindagkop Pantau Harga Pasar

Foto: Redaksi
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Boroko – Menjelang Bulan Suci Ramadhan Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi (Diperindagkop) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melakukan survey lokasi harga sembilan bahan pokok (Sembako) disejumlah toko, kios dan pasar.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perindagkop melalui Sekretaris Hersmini Talibo saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, bahwa untuk harga kebutuhan sembilan bahan pokok masih menggunakan standar harga dari Disperindagkop Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hersmini juga menambahkan bahwa untuk harga standar gula pasir Rp. 12.500, daging Rp. 80.000 dan minyak goreng kemasan Rp. 11.000. Untuk hasil survey sesuai data lapangan yang petugas Disperindagkop dapatkan hanya terpaut selisih Rp. 500 dari dari harga standar provinsi dengan harga yang di kabupaten Bolmut.

Lanjut Dia, kebutuhan sembako yang lainnya masih dalam keadaan normal harganya, namun apabila ditemukan harga yang tidak sesuai, maka petugas Dinas akan memberikan teguran dan sanksi bagi pedagang yang coba – coba memainkan harga dipasaran.”jelas Hersmini.

Terpisah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Reba R. Pontoh, SE saat dimintai tanggapannya mengatakan, ini merupakan langkah positif guna mengaawasi stabilitas harga dan untuk mencegah pedagang dalam memainkan harga pasar.

Reba juga berharap, agar kegiatan ini jangan hanya dilakukan pada saat menjelang bulan ramadhan akan tetapi dilakukan dilakukan secara berkala agar tidak ada spekulan harga dari pedagang,”harap Reba R. Pontoh.

(Har)