banner 728x250

Cara Mencegah Masalah Lambung Saat Berpuasa

Cara Mencegah Masalah Lambung Saat Berpuasa
DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara

Trendingpublik.Com- Bulan puasa telah tiba, salah satu masalah kesehatan yang kerapa dikeluhkan saat menjalani ibadah puasa adalah masalah lambung, hal ini memang bisa menjadi alasan pada sebagian orang untuk batal berpuasa.

Masalah lambung saat berpuasa menjadi suatu halangan ibadah di bulan Ramadan ini. Namun sebetulnya masalah lambung bukan menjadi penghalang yang cukup berarti untuk memaksimalkan ibadah selama puasa berlangsung.

Menurut Dekan Falkutas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof.Dr.dr.Ari Fahrial Syam, S.pPD-KGEH,MM, puasa sesungguhnya bisa membuat kondisi lambung seseorang akan lebih baik. Selama Ramadhan, Ari mengungkapkan terjadi penurunan skor GERD pada orang-orang yang berpuasa.

Berikut beberapa tips agar kesehatan lambung terjaga saat menjalani puasa;

1. Jangan Lewatkan Sahur dan Buka

Pada saat berpuasa, waktu sahur dan buka merupakan waktu-waktu- penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita. Menerapkannya secara teratur ternyata juga bisa jadi cara mencegah munculnya masalah lambung.

“Kenapa orang berpuasa lebih sehat lambungnya dan gerdnya lebih baik? karena pada dasarnya orang sakit maag itu terjadi karena ketidakteraturan makan. Kalau dia berpuasa sudah pasti makanya teratur pada saat sahur dan berbuka,” ujar Ari.

Orang-orang berpuasa juga cenderung bisa mengendalikan asupan cemilan yang tidak sehat. Sedang, orang yang tidak berpuasa bisa makan beragam cemilan sepanjang hari yang umumnya adalah cokelat, keju, lemak, asam dan pedas yang bisa mengganggu lambung kita.

2. Perhatikan Menu Sahur dan Buka

Pilihan konsumsi makanan ini menjadi hal yang penting terutama pada penderita penyakit mag yang sedang berpuasa. Pasalnya salah makanan bisa menyebapkan perut menjadi sakit dan kekhusyukan ibadah menjadi terganggu.

Pastikan untuk menghindari makanan-makanan yang bisa memicu masalah lambung terutama pada saat sahur.Selain itu, batasi konsumsi makanan tak sehat ketika berbuka.

Pastikan makanan sahur dan buka sudah tercukupi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, jangan lupakan cukup konsumsi air putih untuk cegah maslah kesehatan lain.

3. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Pilihan makanan yang sehat merupakan kunci dalam menjalani ibadah puasa yang lancar. Pastikan untuk menghindari makanan-makanan yang bisa memicu masalah lambung.

Minuman bersoda dan kopi sebaiknya dijauhi saat berpuasa. Pasalnya, selain menimbulkan masalah lambung, kopi juga bisa menyebapkan terganggunya siklus tidur yang kamu miliki.

Bagi beberapa orang, konsumsi obat lambung seperti antasida juga bisa dilakukan untuk cegah masalah. Walau begitu, tentu yang paling penting adalah mencegah munculnya masalah asam lambung.

4. Jangan Langsung Makan Berat saat Berbuka

Banyak orang langsung ‘balas dendam’ dengan makan besar pada saat berbuka. Hal ini harus dihindari terutama pada mereka yang memiliki maslah lambung.

Kita disarankan mengawali buka puasa dengan cukup ringan seperti mengonsumsi air putih dan kurma. Makan cukup berat bisa dilakukan setelah salat Magrib atau bahkan setelah salat isya.

Makan langsung dalam porsi berat bisa membuat tubuh langsung bekerja keras. Hal ini bisa menimbulkan masalah terutama pada kesehatan lambung.

5. Jangan Tidur Setelah Sahur

Tidur setelah sahur merupakan salah satu hal yang sangat mengoda untuk dilakukan. Hari yang masih gelap dan dingin membuat kita ingin menekuk diri kembali di dalam selimut.

Namun, kebiasaan tidur setelah sahur, ternyata bisa berdampak buruk bagi lambung. Posisi kita saat tidur menyebapkan makanan yang kita konsumsi saat sahur tidak tercerna dengan baik. (rdks-tp)